Tulisan Aksara Jawa dan Pasangannya

Blog yang berisikan konten bahasa jawa mulai dari dongeng bahasa jawa, legenda bahasa jawa, cerita rakyat bahasa jawa, cerita wayang bahasa jawa, hingga pidato bahasa jawa, ada juga aksara jawa serta tembang macapat

26 Februari, 2015

Tulisan Aksara Jawa dan Pasangannya

Buat para sahabat yang sedang mencari tulisan aksara jawa dan pasangannya. Di bawah ini akan kami bagikan tulisan aksara jawa lengkap dengan pasangannya.

Aksara jawa di bawah ini dapat kita gunakan dalam menulis jawa, cerita jawa, dongeng, maupun yang lainnya. Kalau kita bisa nulis diary dengan aksara jawa ini sepertinya menarik juga ya kawan. Gak bakal kuatir kalau kebaca orang lain. Hehehe. Langsung aja kita lihat aksara jawa atau hanacaraka di bawah ini.
teks-aksara-jawa-dan-pasangannya

Tulisan di atas hanyalah tulisan aksara jawa nglegena yang bermakna sekedar digunakan dalam menulis huruf-huruf vokal saja/ huruf hidup yang dalam bahasa jawa disebut huruf urip/ carakan. Sementara untuk menulis akhiran/ huruf mati sperti akhiran h, n, c, r, k, d, t, s, w, l, p, dh, j, y, ny, m, g, b, th, ng kita membutuhkan huruf lain yang disebut dalam bahasa jawa dengan “pasangan” di bawah ini merupakan pasangan sebagai pelengkap aksara jawa nglegena.
teks-pasangan-aksara-jawa

Semoga contoh dalam artikel singkat berjudul aksara jawa dan pasangannya di atas dapat bermanfaat buat para pembaca semua. Selain nglegena dan pasangan dalam menulis aksara jawa kita juga butuh yang namanya sandhangan, seperti apa bentuk sandhangan silahkan simak di halaman sandhangan aksara jawa.