Aksara Jawa -->

Blog yang berisikan konten bahasa jawa mulai dari dongeng bahasa jawa, legenda bahasa jawa, cerita rakyat bahasa jawa, cerita wayang bahasa jawa, hingga pidato bahasa jawa, ada juga aksara jawa serta tembang macapat

08 Maret, 2015

Aksara Jawa

Loading...

Sebagian besar masyarakat jawa pada masa lalu mengenal aksara jawa. Sebuah tulisan yang saat ini kita lihat lebih menyerupai kata sandi ini dikenal beberapa istilah di beberapa daerah. Di wilayah jawa sendiri huruf ini dikenal dengan sebutan HANACARAKA, sementara di Bali dikenal dengan istilah ANACARAKA, beda lagi di daerah sunda yang dikenal dengan nama CARAKAN. 

Aksara jawa merupakan salah satu tulisan tradisional di wilayah Indonesia khususnya di daerah Jawa dan sekitarnya. Tulisan ini memiliki ciri dituliskan dari sisi kiri ke kanan dan hampir tiap-tiap aksara dalam tulisan ini melambangkan satu suku kata yang menyatu dengan huruf vokal. Salah satu hal yang cukup menarik dari tulisan ini adalah tidak adanya spasi yang memisahkan tiap-tiap kata dalam bacaannya, tak heran jika masyarakat modern seperti saat ini agak susah mempelajari huruf CARAKA ini. Meskipun demikian seiring berkembangnya teknologi beberapa golongan masyarakat berusaha untuk melestarikan CARAKAN dengan media teknologi. Sebagaimana yang dilakukan oleh pemerintah akhir-akhir ini yang tengah mengeluarkan aplikasi CARAKAN guna mempermudah kita dalam belajar huruf jawa. Lebih lanjut mengenai tujuan utama dari penciptaan aplikasi CARAKAN adalah untuk melestarikan huruf jawa itu sendiri. Hal ini dikarenakan keberadaan huruf jawa kian hari kian tergantikan dengan huruf latin dalam kehidupan sehari-hari.
aksara-jawa

Di beberapa daerah khususnya di Jawa kita masih dapat menjumpai mata pelajaran bahasa jawa yang termasuk dalam pelajaran muatan lokal (MULOK). Meskipun dalam pelajaran bahasa jawa tidak serta merta mempelajari aksara jawa namun hal ini bisa sedikit membantu pelestarian dari peninggalan nenek moyang kita. Setidaknya sebagai pengenalan bagi generasi penerus bahwa jauh sebelum mengenal tulisan latin masyarakat kita lebih dahulu mengenal HANACARAKA.

Dengan tujuan melestarikan kebudayaan jawa pula maka dalam kumpulan cerita bahasa jawa turut di bahas mengenai aksara jawa mulai dari tulisan dan pasangan, sandangan, angka aksara jawa, dan yang lainnya. Semoga coretan-coretan dalam situs ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat.